Manjakan Lidah dengan Kuliner Khas Sumatera Ini

Written by on ,
Indonesia memang memiliki segudang kuliner khas daerah masing-masing yang siap menggiurkan. Salah satu daerah yang sudah tak di ragukan lagi kelezatan kuliner khasnya adalah Sumatera.

Untuk kamu dengan budget minim, dapat memilih tiket paling murah menuju salah satu daerah di pulau Sumatera serta nikmatilah kuliner khasnya.

Berikut beberapa kuliner khas sumatera yang patut kamu cicipi :

 

Rendang

Source : selerasa.com

Rendang memang sudah mendunia, makanan khas Sumatra Barat ini masuk kedalam World’s Most Delicious Food dari CNN tahun 2011 lho! Kamu tentu pernah mencicipinya di rumah makan Padang atau di tempat lain. Bumbu yang diracik untuk membuat rendang memang cukup banyak sehingga tak mengherankan rasanya begitu enak, terlebih karena semua bumbunya akan meresap kedalam daging terlebih dahulu .

Ayo Liburan ke Padang untuk menikmati kuliner khasnya, berada di Padang tidak membutuhkan biaya yang besar, kamu bisa menemukan variasi hotel murah di Padang melalui situs Reservasi.com.


Rendang Paru

 Source : citarasaindonesia.co.id

Tak kalah dengan rendang sapi,rendang paru juga cukup enak lho. Rendang paru dibuat dengan bumbu yang berbeda dari rendangsapi. Kebanyakan bumbu yang digunakan untuk rendang paru adalah bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah dan dedaunan yang telah di rajang.

Sate Kerang

 

Source : tokomesin.com

Sate memang salah satu kuliner yang sudah terkenal di Indonesai. Sumatra Utara memiliki jenis sate yang unik yang mesti kamu coba, yaitu sate kerang. Memang secara tampilannya tidak jauh berbeda dengan sate pada umunya, kerang-kerang ini ditusuk dalam tusukan seperti sate pada umunya. 
 
Namun citarasanya jelas berbeda dengan sate daging atau ayam, terlebih bagi kamu pecinta seafood, kamu mesti rasain deh sate yang satu ini. Yang uninya sekarang sate ini sudah di olah menjadi oleh-oleh dalam kemasan lho, jadi bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah. Datang saja ke jalan kruing No. 3D, produsennya adalah Rahmat Effendi


Dali Ni Horbo

 Source : alchetron.com

Kalau makanan sebelumnya mungkin sudah banyak ditiru  ditempat lain di Indonesia, yang kali ini betul-betul berbeda. Makanan tradisional Sumut ini merupakan olahan dari susu kerbau yang dimasak dengan cara tertentu sehingga menghasilkan bentul susu yang menggumpal layaknya keju.

Makanan ini sepenuhnya di proses secara alami lo tanpa bahan kimia apapun.  Keju batak ini juga acap kali di sebut dengan bagot nihorbo. Bagot sendiri berarti susu. Susu yang digunakan untuk pembuatan bagot nihorbi juga bukan sembarang susu, yaitu susu kerbau yang induknya baru melahirkan dengan umur 1 bulan.

Proses memerahnya pun hanya dilakukan saat pagi pagi hari dan setelah 5 bulan di perah, tidak bisa di perah lagi. Selanjutnya saat proses pembuatannya di tambahkan air nana saat benar-benar mendidih agar susu mengental, dan juga di gunakan air pepaya agar bau amisnya hilang.  Makanan ini sungguh diproses dengan kesabaran, harga perporsinya hanya 10 sampai 20 ribu saja.

Jangan hanya melihat lewat gambar, nikmati kuliner yang satu ini langsung dari daerah asalnya. Pesan tiket paling murah menuju Sumatera Utara dan bersiap dengan kelezatan kuliner Sumut.


Sala Lauak

Source : cookpad.com

Kota Pariaman juga mempunyai makanan khas yang patut di coba, yaitu salaLauak. Bahan baku utama pembuatan makanan ini adalah ikan, maklum saja berhubung pariaman adalah daerah pesisir yang menghasilkan ikan cukup banyak. Salalauak terdiri dari dua jenis, yaitu berbentuk bulat seperti bola pimpong yang dinamakan salakeras, karena luarannya keras.

Jenis ini berbahan dasar ikan asin. Varian lainnya yaitu salalunak yang berbentuk pipih, salalunak terbuat dari ikan stuhuak. Salalauak sangat cocok dijadikan cemilan atapun dimakan dengan nasi, rasanya akan lebih enak kalau dicocol dengan saus.

Lamang Tapai

 Source : perutgendut.com

Lamang tapai juga merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih sering di temukan di Minang kabau. Lamang dimasak dengan menggunakan medium bambu, bahan yang digunakan adalah ketan hitam yang telah dikukus sebelum di fermentasi.

Sedangkan lamangnya dibuat dengan cara biasaya itu beras ketan di masukkan kedalam bambu kemudian isiannya disajikan di dalam piring dengan lumuran tapai beras ketan hitam tadi. Keliling Padang, menikmati ragam kuliner disana. Untuk menghemat biaya kamu dapat memesan hotel murah di Padang melalui Reservasi.com


Gulai Banak

 
 
Source : jitunews.com

Gulai pada umumnya dibuat dari daging ayam, sapi atau kambing. Jika kamu berkunjung ke sumatera barat kamu akan menjumpai gulai unik ini. Gulai banak sangat khas karena dibuat dengan bahan utama otak sapi.  Pastikan kamu tidak mengidap kolestrol ya jika ingin mencicipi gulai ini.

Untuk pembuatan gulainya sama dengan pembuatan gulai lainnya,  proses memasak otknya yang berbeda. Setelah dibersihkan otak sapi akan direbus atau dikukus sebelum dibuang kulit airnya, lalu baru di potong-potong dan dimasukkan bersama santan dan bumbu lainnya. Kuahnya akan terasa segar dan agak pedas, kamu harus coba makanan khas sumatera yang satu ini.

Sumatera Barat memang kaya akan kuliner, ingin mencobanya secara langsung? Cari segera tiket paling murah menuju Sumatera Barat.


Arsik


 Source : perutgendut.com

Di daerah Tapanuli ada yang disebut dengan arsik ikan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan masa tau bisa juga ikan lainnya. Makanan ini ditemukan oleh suku Batak, dalam pengolahannya bumbu arsik dibuat dari rempah-rempah seprti asam cikala dan kecombrang serta andaliman. Yang menjadi ciri khas masakan in sisisk ikannya tidak dibuang. Sat bumbu telah meresap kedalam ikan ikan ini digoreng sampai kering dengan api yang kecil.
 
Itulah Beberapa ulasan tentang kuliner khas sumatera yang wajib dinikmati oleh para fooder, food blogger dan penikmat kuliner lainnya semoga bermanfaat adanya.
Next
This is the most recent Article.
Older Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Sopan & Relevan